Breaking News
Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home / Info Undip / Riset Kampus Harus Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Riset Kampus Harus Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Saat ini terjadi penurunan index work global economi, yang mana kondisi ini juga mengimbas pada penurunan pertumbuhan ekonomi secara nasional. “Inilah tantangan bagi sarjana ekonomi untuk mendorong dan membangun ekonomi nasional menjadi lebih baik” tutur Menristekdikti, Muhammad Nasir dalam Pelantikan Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Semarang Periode 2016-2019, di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Jum’at (23/12). Nasir juga menegaskan, berkontribusi  ISEI sangat penting dalam pemberdayaan ekonomi di daerah melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berbasis teknologi, kemampuan untuk membuat dan mendistribusikan serta memberdayakan pengetahuan. Itu semua merupakan modal bagi keunggulan, daya saing, perbaikan kualitas hidup masyarakat sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

Menristekdikti dalam kesempatan itu juga mengajak perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan hasil-hasil riset yang berbasis tehnologi, guna untuk mendorong pemberdayaan ekonomi di daerah. “Dengan riset yang berbasis pada tehnologi yang dihasilkan dari perguruan tinggi, diharapkan dapat memberdayakan ekonomi daerah sehingga ada peningkatan nilai tambah pertumbuhan ekonomi masyarakat” tegasnya. Hal ini didasarkan pada kondisi saat ini dimana riset-riset yang menghasilkan inovasi masih rendah dan berdasarkan tingkat kesiapan teknologi atau technology readiness level (TRL) Indonesia merosot drastis menjadi urutan ke 91. Selain itu kondisi tenaga kerja yang berada di bidang UKM masih sedikit sekitar 2,5 % dari total penduduk, dan yang berkontribusi pada bidang yang berbasis teknologi hanya 0,67 %.

Acara Pelantikan Pengurus ESEI Cabang Semarang Periode 2016-2019, mendaulat M.Nasir yang juga Guru Besar FEB Undip menjadi Ketua, didampingi Bupati Kudus, Musthofa selaku Ketua Harian. Acara tersebut juga dibarengi dengan bedah buku “Manajemen Indonesia” karya Suharnomo, Dekan FEB Undip. Tampak hadir dalam acara Kabid Organisasi Pengurus ESEI Pusat, Prasetijono Widjojo Malang Joedho, Wakil Gubernur Jateng Heru Soedjatmoko, Rektor Undip Yos Johan Utama, para pengurus dan peserta bedah buku dari dosen dan doktor serta ratusan mahasiswa ekonomi dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah. (Hms)