Workshop Penguji Berkualifikasi Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X (Kelas Khusus NuklindoLab – Koperasi JKRL)

Ruang Lingkup: Radiografi Umum, Mobile, Fluoroskopi, Radiografi Dental, CT Scan dan Mammografi

BP-Training Centre Undip kembali  mengadakan Workshop Penguji Berkualifikasi Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X kelas khusus untuk karyawan Nuklindo РKoperasi JKRL pada tanggal 20-26 Februari 2018. Terdapat 10 karyawan yang mengikuti workshop yang diselenggarakan di gedung BP-Training Centre kampus Undip Tembalang sedangkan praktek alat dilakukan di RSUD Dr. Adhyatma, MPH dan SMC RS Telogorejo.

BP-Training Centre Undip ditunjuk sebagai lembaga pelatihan ketenaganukliran untuk lingkup pelatihan uji kesesuaian pesawat Sinar-X RDI oleh Bapeten sesuai dengan keputusan kepala Bapeten no. 151/K/IV/2016.  Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X bertujuan untuk mewujudkan pengoperasian Pesawat Sinar-X yang andal dan aman bagi pasien, pekerja dan masyarakat. Penguji berkualifikasi adalah badan hukum yang memperoleh ketetapan dari kepala Bapeten untuk melaksanakan uji kesesuaian.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 6 hari ini membahas uji kesesuaian pada ruang lingkup radiografi umum, radiografi mobile, radiografi dental, ct scan dan mammografi. . Materi yang disampaikan antara lain dasar-dasar keselamatan, dasar hukum, dosimetri pasien RDI, dokumen mutu, peralatan, metode, praktek serta pelaporan hasil uji kesesuaian pesawat sinar-x. Narasumber berasal dari dosen Fisika Medik Undip dan BAPETEN.